Sejarah Kalender Lengkap Yang Digunakan Oleh Dunia

Sejarah Kalender Lengkap Yang Digunakan Oleh Dunia

Sejarah Kalender Lengkap Yang Digunakan Oleh Dunia

endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/ endikeko.cabanova.com/

Terdapat sebagian sistem penanggalan yang digunakan, salah satunya merupakan kalender masehi.

Sistem penanggalan pada kalender masehi banyak digunakan oleh warga. Kalender ini digunakan nyaris di seluruh negeri di dunia.

Penanggalan ini telah digunakan lebih dari 4 abad lamanya. Kalender masehi ataupun kalender Gregorian awal kali dikenalkan pada tahun 1582.

Kalender Masehi, bersumber dari Encyclopedia Britannica, terbuat bersumber pada sistem penanggalan matahari. Sistem ini memakai hitungan waktu perputaran bumi terhadap matahari.

Kalender masehi awal kali digunakan di daratan Eropa. Saat sebelum kalender ini, kalender Julian terlebih dulu digunakan.

Melansir dari Live Science, astronom Romawi menghitung waktu yang diperlukan bumi buat berbalik mengelilingi matahari.

Dari hasil perhitungan tersebut didapatkan angka 365, 25 hari. Perihal ini mempengaruhi pada masa yang tiba lebih lelet.

Kaisar Julius Caesar setelah itu meningkatkan satu hari di bulan Februari tiap 4 tahun sekali. Penanggalan ini setelah itu dinamai dengan kalender Julian.

Sehabis lama digunakan, terdapat kesalahan perhitungan dalam kalender Julian. Pada tahun 1570an, kalender Julian melenceng dari bertepatan pada matahari sebanyak 10 hari.

Karenanya sistem penanggalan ini tidak sinkron dengan masa dalam setahun. Penanggalan ini dikhawatirkan hendak membuat hari Paskah terus menghindar dari bertepatan pada sepatutnya.

Penemu kalender Masehi

Sebab penanggalan yang galat, Paus Gregorius XIII membuat sistem penanggalan yang baru. Kalender ini diketahui selaku kalender Gregorian ataupun kalender Masehi.

Mengutip dari Vox. com, Paus Gregorius XIII bersama dengan pakar fisika Aloysius Lilius, serta pakar astronomi Christopher Clavius meningkatkan kalender ini sepanjang 5 tahun.

Dalam kalender Gregorian, akumulasi hari tiap 4 tahun sekali dihapuskan. Sistem kabisat berlaku 4 tahun sekali kecuali tahun yang tidak habis dipecah 400.

Jadi tahun kabisat jatuh pada tahun 2000, tetapi tidak di 1900, 1800, ataupun 1700. Paus Gregorius XIII pula memindahkan tahun baru yang semula 25 Maret jadi 1 Januari.

Pernah ditolak

Penanggalan ini langsung diterima di negara- negara pemeluk Kristen Katolik. Sehabis diperkenalkan, Italia, Spanyol, serta Portugal mengenakan kalender Masehi.

Bersumber dari History. com, Inggris serta Amerika baru memakai kalender Masehi pada 1752. Tadinya mereka mencurigai terdapatnya hasrat terselubung oleh dari golongan Katolik.

Dalam perjalanannya, banyak negeri yang mulai memakai kalender Masehi. Arab Saudi yang semula mengenakan kalender Hijriah, tahun 2016 mulai mengenakan kalender Masehi. 
Enkosa.Com Informasi Kalender Lengkap - Hari Penting & Sejarahnya

0 Response to "Sejarah Kalender Lengkap Yang Digunakan Oleh Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel